11 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh Manusia

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

11 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh Manusia

Friday, September 6, 2019
Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh Manusia - Rasa lezatnya membuat cokelat memiliki banyak penggemar. Namun ternyata tidak semua cokelat manis.

Ada berbagai jenis cokelat, salah satunya adalah dark chocolate atau dark chocolate yang terkenal dengan rasa pahitnya yang lebih menonjol.

Berbeda dengan cokelat pada umumnya, cokelat hitam memiliki lebih banyak kandungan kakao dan kadar gula yang lebih rendah.


11 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh Manusia


Manfaat cokelat hitam tidak hanya sebagai penambah suasana hati atau merusak lidah, tetapi juga berdampak pada kesehatan! Nah, apa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan?

1. Meningkatkan fungsi otak
Cokelat dapat meningkatkan sirkulasi darah di otak dan berpotensi mencegah gangguan pembuluh darah di otak, seperti demensia dan stroke.

Manfaat lain dari dark chocolate bagi otak adalah kesempatan untuk meningkatkan fungsi kognitif para lansia yang mengalami gangguan kognitif.

2. Memenuhi nutrisi tubuh
Dark chocolate mengandung berbagai nutrisi, seperti magnesium, serat, zat besi, mangan, potasium, dan mineral yang baik untuk tubuh lainnya. Cokelat hitam juga mampu memenuhi asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung lemak tak jenuh dan lemak jenuh.

3. Naikkan kolesterol baik
Tidak semua kolesterol berdampak negatif pada tubuh karena kolesterol HDL bermanfaat bagi tubuh. Manfaat cokelat hitam adalah untuk meningkatkan kolesterol HDL yang baik dan mengurangi kolesterol LDL yang buruk.

Komponen polifenol dan theobromin dalam cokelat hitam diyakini menjadi penyebab peningkatan HDL dan penurunan LDL.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari
Manfaat dark chocolate bagi kulit karena komponen flavonol dalam dark chocolate yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan kepadatan dan cairan di kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah.

5. Menurunkan tekanan darah
Kandungan flavanol dalam cokelat hitam juga telah ditemukan memicu dinding pembuluh darah untuk menghasilkan nitric oxide yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat ini lebih efektif untuk orang tua dan orang yang memiliki risiko penyakit jantung. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang manfaat cokelat hitam dalam menurunkan tekanan darah.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung
Manfaat cokelat hitam yang cukup populer di masyarakat adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Ini karena khasiat cokelat hitam dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kedua hal ini dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

7. Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan dalam cokelat hitam, seperti katekin, polifenol, dan flavanol berkontribusi untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi kerusakan jaringan dan sel-sel tubuh. Faktanya, kandungan antioksidan dalam dark chocolate ditemukan lebih besar dari buah-buahan, seperti blueberry dan sebagainya.

8. Memiliki efek antiinflamasi
Peradangan berlebihan dapat merusak jaringan dan sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, radang sendi, dan sebagainya. Manfaat cokelat hitam dalam mengatasi peradangan dalam tubuh disebabkan oleh sifat anti-inflamasi. Namun, penelitian tentang manfaat cokelat hitam dalam mengurangi peradangan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Baca juga: Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat? Inilah Fakta!

9. Mencegah resistensi insulin
Resistensi insulin atau kondisi ketika sel-sel tubuh tidak merespons hormon insulin, berpotensi menyebabkan diabetes tipe 2 dan prediabetes. Sebuah penelitian menemukan manfaat cokelat hitam dalam mengurangi kadar gula dan mencegah resistensi insulin.

Tidak hanya itu, dark chocolate juga berpotensi mencegah diabetes. Namun, penelitian tentang manfaat diabetes dan gula darah masih diperlukan.

10. Membantu Anda menurunkan berat badan
Ingin menurunkan berat badan? Cobalah meletakkan cokelat hitam sebagai camilan Anda! Konsumsi cokelat ditemukan terkait dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah dan lemak perut.

Studi lain telah menemukan manfaat cokelat hitam dalam mengendalikan nafsu makan, tetapi studi ini juga menemukan peningkatan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat cokelat hitam dalam menurunkan berat badan. Baca juga: Aroma Cokelat Dapat Membuat Anda Langsing?

11. Mengurangi risiko depresi
Manfaat lain yang populer dari cokelat hitam adalah meningkatkan mood atau suasana hati. Tidak hanya sebagai penguat suasana hati, cokelat hitam juga dikatakan mengurangi risiko depresi.

Selain manfaat kesehatannya yang melimpah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi cokelat hitam. Coklat hitam mengandung banyak kalori dan lemak. Karena itu, pastikan saya